PENYAKIT KEPUTIHAN

Posted On July 2, 2009

Filed under Uncategorized

Comments Dropped leave a response

Beragam Khasiat Buah ManggisAlternatif lain mendapatkan antioksidan guna mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas adalah buah manggis. Buah eksotik yang sering dijuluki queen of fruits ini ternyata memiliki banyak kandungan antioksidan pada kulit dan buahnya.

Manggis merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari hutan tropis yang teduh di kawasan Asia Tenggara, yaitu hutan belantara Malaysia atau Indonesia. Dari Asia Tenggara tanaman ini menyebar ke daerah Amreika Tengah dan daerah tropis lainnya seperti Srin Lanka, Malagasi, Karibia, Hawaii dan Australia Utara.

Pusat penanaman pohon manggis atau Garcinia Mangostana adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Barat (Jasinga, Ciamis, Wanayasa), Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Jawa Timur dan Sulawesi Utara.

Dalam pengobatan tradisional di Asia Tenggara, buah manggis dan kulitnya telah digunakan selama beberapa abad. Sementara itu, secara ilmiah dibuktikan pada tikus percobaan yang mengonsumsi jus manggis setara dengan tiga liter jika pada manusia tidak mengalami kerusakan jaringan apa pun.Dari hasil suatu penelitian, buah asli Asia Tenggara ini dapat menghasilkan xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Kadarnya mencapai 123,97 mg per ml. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Penelitian Xanthone telah dimulai sejak tahun 1970 dan hingga kini telah ditemukan lebih dari 40 jenis XANTHONE, diantaranya adalah alpha mangosteen dan gamma mangosteen yang dipercaya memiliki kemampuan mencegah berbagai penyakit. Kedua jenis XANTHONE tersebut dapat membantu menghentikan inflamasi (radang) dengan cara menghambat produksi enzim COX-2 yang menyebabkan inflmasi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa gamma mangosteen mempunyai efek antiradang lebih baik daripada obat antiinflamasi lain yang dijual di pasaran. XANTHONE jenis ini dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan peradangan, seperti arthritis dan Alzheimer (merupakan salah satu penyakit disfungsi otak).

XANTHONE juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kemampuan antioksidannya bahkan melebihi vitamin C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif. Kandungan alpha mangosteen dan gamma mangosteen pada buah manggis juga bersifat sebagai antibakteri. Alpha Mangosteen juga diketahui mempunyai efektivitas yang sama baiknya dengan antibiotic yang berada di pasaran seperti amphicilin dan minoclyne. Manggis merupakan komoditas buah yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki antioksidan yang menangkap radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat.

Tidak hanya daging buah manggis yang kaya akan vitamin C-66 mg, tetapi kulit yang multikhasiat yaitu antikanker, antioksidan, mujarab mengatasi jantung koroner, HIV, dan sebagainya.

Ekstrak kulit manggis bersifat antipoliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apotosis penghancuran sel kanker. XANTHONE mampu melawan beberapa jenis penyakit, seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru dan sebagainya. XANTHONE dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit TBC (Tuberclosis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s